Sejuta Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Kita semua tentu sudah tak asing dengan apa itu yang dinamakan dengan teh hijau atau green tea. Manfaat teh hijau untuk kesehatan juga sudah dikenal di seluruh dunia, cuma sampai saat ini masih ada juga orang yang masih belum mengenal dengan sejuta manfaat yang dimiliki teh hijau tersebut. Jika memang ada, maka ada beberapa hal penting yang perlu diketahui mereka yang belum paham dengan manfaat yang dimiliki teh hijau untuk menunjang kesehatan. Dengan mengetahui segala manfaat dan kelebihan yang dimiliki oleh teh hijau, maka setiap orang bisa benar-benar memanfaatkan kelebihan teh tersebut jika dibandingkan dengan jenis-jenis teh yang lain.

Image and video hosting by TinyPic
Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan dan Kontrol Berat Badan
Manfaat teh hijau untuk kesehatan yang paling sering diperbincangkan adalah mengenai bagaimana teh tersebut mampu mengontrol berat badan. Obesitas adalah permasalahan umum yang sering diderita oleh masyarakat modern saat ini di seluruh dunia. Adanya gaya hidup yang buruk menjadi penyebab seseorang menderita obesitas yang dapat memicu masalah-masalah kesehatan yang lain yang bisa berakibat fatal dan memperburuk keadaan. Komplikasi masalah kesehatan yang disebabkan oleh obesitas adalah penyakit diabetes, jantung koroner, sleep apnea, hipertensi, dan lain sebagainya. Pemanfaatan teh hijau salah
satunya sebagai seduhan dan minuman ringan bisa digunakan untuk mengatasi masalah kelebihan berat badan. 

KandunganTeh Hijau
Manfaat teh hijau untuk kesehatan juga amat dipengaruhi oleh kandungan antioksidan alami yang dimiliki teh tersebut. Kandungan antioksidan dalam teh hijau disebut dengan polifenol katekin. Fakta menyebutkan bahwa kandungan antioksidan yang dimiliki teh tersebut sepuluh kali lebih bagus jika dibandingkan dengan apa yang bisa didapatkan dari sayuran maupun buah-buahan. Penelitian oleh para ilmuwan menemukan ada 6 jenis katekin yang paling baik dan salah satunya didapatkan dari teh hijau. Dengan memperhatikan segala kelebihan dan manfaat yang dimiliki teh hijau tersebut, maka dapat dikatakan bahwa teh hijau dapat menjadi seduhan terbaik dibandingkan yang lainnya.

Adanya kandungan EGCG merupakan unsur terpenting yang bermanfaat bagi kesehatan. EGCG adalah singkatan dari epigallocatechin-gallate, yaitu salah satu dari 4 jenis senyawa Katekin (catechin) yang terkandung di dalam teh hijau. Senyawa tersebut berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh manusia sehingga mengintensifkan kadar oksidasi lemak yang bisa berfungsi untuk diet atau melangsingkan tubuh. Fungsi lainnya adalah untuk proses detoksifikasi tubuh dan berguna mengurangi nafsu makan. Karena manfaat tersebut maka banyak orang yang kemudian menggunakan teh hijau untuk menghindari makan berlebih. Adanya khasiat itulah menjadikan alasan teh hijau amat digemari oleh wanita, disamping untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Bagi para pria, teh hijau juga amat digemari karena manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga penampilan. Bagi anda yang sering mengalami masalah dengan penampilan, di sini teh hijau juga memiliki khasiat untuk menunjang kesehatan kulit. Kebanyakan adalah para wanita yang menggunakan teh hijau untuk perawatan kulit. Bagi kaum pria sebagian besar teh hijau umumnya dikonsumsi sebagai bentuk minuman karena dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol. Masalah kolesterol memang lebih banyak dialami oleh pria dibandingkan kalangan wanita.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat teh hijau untuk kesehatan juga bisa untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, karena adanya kandungan tanin. Tanin yang terdapat pada teh hijau akan bekerja secara alami membantu mengurangi kolesterol LDL (low-density lipoprotein) yang dikenal sebagai “kolesterol jahat” dalam tubuh.
Kolesterol jahat tersebut adalah penyebab plak yang tumbuh pada arteri yang dapat menyumbat pembuluh jantung sehingga meningkatkan resiko serangan jantung. Penyumbatan itulah yang menjadi penyebab kenapa orang meninggal terkena serangan jantung. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara benar bisa menghindarkan seseorang dari penyakit jantung.

Manfaat teh hijau untuk kesehatan yang lain adalah untuk menyegarkan nafas. Alasan kenapa teh hijau bisa bermanfaat untuk nafas dan menyegarkan nafas adalah mampu menghambat proses pertumbuhan virus dan bakteri yang sering menimbulkan penyakit dan masalah pada gigi serta bau mulut tak sedap. Dengan mengkonsumsi teh hijau, maka setiap orang dapat mengatasi dan terhindar dari masalah bau mulut. Teh hijau juga sudah terbukti mengurangi peradangan gusi dan masalah gangguan mulut lainnya. Yang paling menarik, seseorang bisa membuat pasta gigi dengan menggunakan campuran teh hijau serta baking soda.
Masih banyak manfaat-manfaat lain seperti menyehatkan rambut, mengelola diabetes, mengelola tekanan darah, dan lain sebagainya. Berjuta manfaat tersebutlah yang menjadikan teh hijau amat digemari banyak orang.