Sejarah Dan Model Tradisi Minum Teh di Indonesia ( 1 )

Image and video hosting by TinyPic
Teh merupakan minuman yang banyak dinikmati masyarakat di belahan dunia, termasuk pula di Indonesia. Di dalam negeri, meminum teh telah menjadi suatu tradisi yang turun temurun. Sebenarnya, pada mulanya, teh ini hanya dinikmati oleh kalangan bangsawan, tapi seiring waktu berjalan, teh telah menjadi minuman masyarakat luas. Perkenalan teh di Indonesia, bermula dari Dr Andreas Cleyer seorang warga negara Belanda membawa teh sebagai tanaman hias pada tahun 1686. Lalu tahun 1782, Pemerintahan Belanda mulai mendatangkan biji-biji teh dari negeri Cina. Dari situ pembudidayaan teh pun dimulai, terutama di Pulau Jawa. Setelah itu, kebiasaan minum teh mulai meluas di kalangan masyarakat.

Beberapa Tradisi Minum Teh Di Berbagai Daerah Di Indonesia
Setelah kita telusuri, teh ternyata telah membangun budaya sendiri, dengan menciptakan suatu sejarah yang turut serta mendampingi peradaban dari suatu bangsa. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya tradisi minum teh yang ada didunia, seperti di Jepang. Tapi, tradisi minum teh di Indonesia ini tidak seformal seperti yang ada di negeri sakura, karena belum ada aturan atau tata cara yang baku seperti disana, hanya proses penyeduhannya saja yang berbeda-beda pada tiap daerah. Karena sekarang Indonesia merupakan negara penghasil teh urutan ke empat di dunia, pengetahuan tentang teh pun semakin menarik untuk kita telusuri.

Di tanah air, tradisi minum tehnya juga tak kalah menarik dengan negara lain, karena beberapa daerah memiliki tradisi yang khas, unik dan berbeda-beda, di antaranya adalah :

Teh Poci
Di Tegal, ada tradisi minum teh yang dilakukan secara turun temurun yang bernama teh poci. Mungkin anda sebagian pernah mencicipinya, karena memang teh poci ini cukup terkenal bagi para pecinta teh. Proses pembuatannya yakni teh diseduh dengan menggunakan air panas di dalam poci, lalu ditambahkan gula batu. Gula yang diberikan tadi tidak boleh diaduk. Anda dapat menikmatinya saat panas. Rongga hidung akan termanjakan dengan wangi bunga melati yang kuat dan menyegarkan. Warna teh ini sedikit hitam hingga terasa kental. Istilah yang terkenal dari prosesi pembuatan teh poci ini adalah wasgitel yakni wangi, sepet, legi dan kentel (wangi, sepet, manis dan kental).