Penyebab Rambut Rontok

Setiap orang tentunya menginginkan rambut yang sehat, baik laki-laki maupun perempuan. Rambut yang sehat biasanya identik dengan rambut yang lebat dan tidak mudah rontok. Seiring bertambahnya usia atau karena pemakaian kosmetik perawatan rambut yang tidak tepat, banyak orang menghadapi problem rambut rontok atau pertumbuhan rambut yang kurang subur.

Rambut rontok ataupun pertumbuhan yang kurang subur, menyebabkan rambut kelihatan tipis dan kurang indah dipandang. Berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin terjadi.

1. Cara perawatan rambut (hair treatment) yang salah.
Beberapa di antaranya adalah pewarnaa, bleaching, pelurusan atau bahkan mengeringkan rambut dengan hair-dryer yang distel terlalu panas. Hentikanlah segera jika Anda melakukan hal ini dan menjumpai rambut Anda semakin menipis.

2. Faktor keturunan.
Jika tanda-tanda kebotakan atau penipisan rambut mulai menghampiri Anda, cobalah tengok apakah hal yang sama terjadi pada orang tua atau kakek nenek dalam keluarga Anda. Jika ya, berarti ada faktor keturunan atau genetis kebotakan dalam keluarga.

Jangan berkecil hati. Beberapa penelitian medikal dalam hal perawatan rambut telah menemukan obat yang cukup manjur untuk mengatasi masalah ini.

3. Akibat stress.
Rambut rontok bisa terjadi pada orang-orang yang menghadapi kekhawatiran berlebih, termasuk ibu hamil, orang yang akan menjalani operasi bedah, atau akibat trauma. Untuk rambut rontok jenis ini biasanya akan sembuh sendiri setelah penderita kembali normal kejiwaannya.

4. Akibat penyakit atau kekurangan nutrisi tertentu.
Diabetes, gangguan kelenjar thyroid dan beberapa penyakit lain dapat menyebabkan kerontokan rambut. Begitu juga dengan kekurangan asupan zat besi, kalsium dan protein.

5. Efek samping pengobatan.
Sudah banyak diketahui bahwa kemoterapi untuk pengobatan kanker memiliki efek samping kerontokan rambut. Yang mungkin belum banyak diketahui, beberapa jenis pengobatan lain juga dapat menyebabkan efek yang sama. Obat anti depressi, anti darah tinggi, bahkan obat anti jerawat dapat mengakibatkan rambut rontok atau pertumbuhan rambut yang kurang subur (www.americanhairloss.org
Rambut rontok yang diakibatkan oleh efek samping pengobatan, otomatis akan berhenti saat proses pengobatan selesai.

Mengetahui penyebab rambut rontok sangat penting untuk menentukan terapi mana yang akan diambil. Jika Anda kesulitan untuk mengidentifikasinya, silakan menghubungi ahli kesehatan rambut terdekat.