Menjaga Kesehatan Rambut dan Memperbaiki Rambut Rusak Dengan Minyak Kelapa

Rambut adalah mahkota wanita. Tidak heran banyak kaum hawa yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk menjaga agar rambutnya tetap cantik berkilau. Demikian pula dengan kaum pria. Rambut yang tetap subur dan hitam menjadi dambaan banyak kaum lelaki.

Saat anak masih anak dan remaja biasanya kita belum banyak menghadapi masalah rambut. Seiring bertambahnya usia, bertambah pula beban pikiran. Gabungan antara pikiran, pola hidup, pola makan dan perawatan (perlakuan) rambut yang kurang tepat, seringkali menyebabkan gangguan kesehatan rambut.

Beberapa masalah rambut yang sering dijumpai pada kaum wanita maupun pria adalah :

– Kebotakan, disebabkan oleh rambut rontok dan pertumbuhan rambut yang kurang subur.
– Rambut kusam, tidak bersinar
– Helai rambut bercabang
– Ketombe

Sebenarnya ada cara yang mudah untuk menjaga rambut tetap sehat, indah berkilau. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan pergi jauh-jauh, karena mungkin saja apa yang dibutuhkan untuk perawatan ini ada di rumah Anda.

Ya benar sekali, kita hanya membutuhkan minyak kelapa untuk melakukan treatment agar rambut kita tetap sehat, subur dan indah bercahaya. Cara ini sebenarnya sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu oleh bangsa-bangsa yang tinggal di daerah tropis, di mana pohon kelapa mudah dijumpai di mana-mana.

Pohon kelapa dikenal sebagai pohon kehidupan, karena semua bagian tanaman tersebut memberikan manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Salah satu produk olahan dari buah kelapa adalah minyak kelapa. Nah, minyak kelapa ini yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh, rambut dan kulit.

Berikut adalah khasiat minyak kelapa untuk perawatan rambut berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli.

1. Minyak kelapa membantu rambut tetap sehat dan kuat

2. Minyak kelapa membantu menjaga rambut tetap lembut berkilau

3. Minyak kelapa membantu mengatasi ketombe

4. Minyak kelapa membantu mengatasi problem rambut rontok dan kebotakan

5. Minyak kelapa membantu mengatasi rambut bercabang.

Untuk mengetahui mengapa minyak kelapa dapat membantu menjaga kesehatan rambut marilah kita pahami terlebih dahulu anatomi rambut dan sifat minyak kelapa.

Semua rambut yang ada pada tubuh manusia memiliki bagian-bagian yang sama, yaitu helai rambut, akar rambut dan kantong rambut. Helai rambut yang ada di atas permukaan kulit terdiri atas kutikula (cuticle) dan korteks. Kutikula terdiri atas lempengan sel yang tersusun secara overlapping seperti atap genteng. Kutikula berfungsi untuk melindungi bagian rambut yang lebih penting, yaitu korteks. Korteks inilah yang menentukan warna dan jenis rambut (lurus, ikal, keriting, hitam, pirang, dsb).

Sehat tidaknya korteks pula yang akan menentukan apakah rambut seseorang bisa tumbuh subur atau mudah patah dan rontok. Korteks terutama tersusun atas senyawa protein yang disebut keratin (65%-95%), lemak dan sedikit air.

Sebuah penelitian menguji efektifitas beberapa minyak nabati dan minyak mineral untuk perawatan rambut. Ternyata minyak kelapa memberikan efek paling bagus untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Tidak seperti minyak lainnya, minyak kelapa mampu menembus kutikula dan meresap ke dalam korteks. Kandungan asam lemak minyak kelapa yang disebut asam laurat membantu mencegah berkurangnya kandungan protein dalam rambut (korteks), sehingga rambut tetap sehat dan kuat.

Minyak kelapa yang meresap ke dalam helai rambut, juga membantu mencegah air masuk ke dalam celah sel kutikula. Molekul air yang meresap di antara celah sel kutikula dapat menyebabkan overlapping sel-sel tersebut membuka (merenggang) dan menyebabkan rambut mudah patah.

Melihat khasiat minyak kelapa untuk kesehatan dan keindahan rambut, tidaklah mengherankan jika leluhur kita di masa lalu banyak memanfaatkan minyak kelapa untuk membuat ramuan untuk perawatan rambut.