Memilih Lokasi Usaha Rumah Makan : 7 Hal Yang Perlu Diperhatikan

Tidak semua lokasi cocok untuk restoran. Menemukan lokasi rumah makan yang baik lebih sulit daripada yang Anda pikirkan sebelumnya. Suatu lokasi yang terlihat sempurna—misalnya, jalan yang sibuk dan dilalui banyak pejalan kaki di tengah kota—belum tentu baik. Di lain pihak, sebuah tempat yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya—misalnya, sebuah toko sepatu tua di pinggiran kota—mungkin saja sangat sukses.
Tentu saja, kualitas makanan dan pelayanan sangat penting untuk kesuksesan sebuah restoran. Tetapi lokasi pun juga tidak kalah pentingnya, khususnya di tahun-tahun pertama pendirian rumah makan. Berikut ini 7 hal yang harus diperhatikan saat memilih lokasi untuk usaha rumah makan.

1. Harus memiliki tempat parkir yang mencukupi.
Pengunjung biasanya sangat malas. Mereka tidak akan mau mampir jika mereka harus berjalan jauh menuju restoran Anda, dan lebih memilih mencari tempat lain yang “lebih nyaman”. Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, di mana setiap orang berjalan dan transportasi umum tersedia, lokasi parkir menjadi tidak begitu penting. Namun, jika Anda berencana mendirikan sebuah restoran, di mana Anda harus mengemudi ke lokasi tersebut, sebaiknya sediakan tempat parkir. Jika lokasi restoran Anda tidak memiliki tempat parkir, apakah ada tempat parkir umum di sekitarnya?

2. Pastikan restoran Anda terlihat (visible).
Tempat yang agak tinggi atau banyak dilalui kendaraan cocok untuk restoran. Pastikan restoran (atau papan nama restoran) Anda bisa dilihat oleh publik. Hal ini sama dengan iklan gratis, untuk mengingatkan orang bahwa Anda ada di sana dan mereka harus mampir suatu saat untuk makan malam.

3. Pertimbangkan ukuran.
Sebuah bistro atau coffee shop yang kecil sekalipun membutuhkan ruang yang memadai untuk dapur, kulkas dorong, tempat penyimpanan, dan kantor untuk urusan administrasi. Sebuah lokasi yang terlihat luas bisa saja akan menjadi sesak oleh barang-barang yang dibutuhkan untuk membuka restoran. Carilah informasi lebih banyak tentang cara memiliki lokasi sebuah restoran.

4. Pelajari usaha-usaha yang pernah ada di lokasi tersebut.
Sekali lagi, penelitian secara mendalam akan membantu Anda belajar tentang apakah ada restoran lain yang sebelumnya berada di tempat yang sama… dan bagaimana nasib mereka. Anda bisa belajar banyak dari kegagalan dan keberhasilan para pendahulu, dan hal ini bisa menjadi petunjuk apakah Anda sudah memilih lokasi yang tepat atau tidak.

5. Kenali lingkungan di sekitarnya.
Saat mencari lokasi sebuah restoran, pertimbangkan siapa lagi yang menjalankan usaha di sekitarnya. Apakah sudah ada beberapa restoran dengan konsep yang sama dengan restoran Anda? Apakah daerah tersebut sibuk atau penuh dengan toko yang kosong? Usaha yang sukses akan menarik usaha sukses lainnya.

6. Pertimbangkan jarak lokasi, jangan terlalu jauh dari pusat pemukiman atau pusat bisnis.
Banyak restoran didirikan di tempat yang terasing dan cukup sukses. Namun, membuka sebuah restoran di luar kota (di lokasi yang jauh) sama dengan taruhan. Pengunjung mungkin datang pada saat-saat tertentu, tapi tidak secara teratur.

7. Jangan terburu-buru.
Saat Anda mengunjungi sebuah tempat, Anda mungkin berkata, “Ini dia!” Namun, sebelum Anda mulai merancangnya, pastikan Anda telah mengunjungi banyak tempat. Kunjungi calon lokasi tersebut beberapa kali, di saat yang berbeda, selama hari kerja dan akhir minggu. Misalnya, apakah daerah tersebut benar-benar sibuk pada hari kerja tapi “mati” pada malam hari dan di akhir minggu?
Kesabaran akan sangat berguna saat memilih lokasi sebuah restoran. Carilah informasi lebih lanjut tentang sewa-menyewa sebuah ruang komersial.