Manfaat Teh Putih (white tea) Untuk Kesehatan

Jika berbicara mengenai jenis teh, maka teh putih belum begitu banyak dikenal orang dan sampai saat ini masyarakat amat penasaran dengan apa itu yang dinamakan teh putih. Apa yang dimaksud dengan teh putih? Tentu saja masih sedikit orang yang memahami tentang apa itu teh putih atau populer disebut white tea.
Mungkin dengan mengetahui Manfaat teh putih untuk kesehatan, bisa membantu seseorang untuk lebih mengenal apa yang dimaksud dengan teh putih.

White Tea, Bermanfaat dan Mahal
Masyarakat pada umumnya mengenal teh sebagai teh hijau atau teh hitam, tidak mengenal adanya teh putih. Sebegitu pula pengetahuan manfaat teh putih untuk kesehatan. Sebagian kalangan mengenal Teh putih sebagai teh yang memiliki harga yang paling mahal jika dibandingkan dengan teh-teh yang lainnya, karena wajar saja jenis ini lebih banyak digunakan untuk kepentingan pengobatan. Mungkin itu yang menjadikan salah satu penyebab teh putih kurang begitu dikenal oleh kebanyakan orang. 

Di samping sebagai jenis teh yang paling mahal harganya, teh jenis ini juga sangat sulit dijumpai. Dengan menelusuri dari sejarah teh tsb bisa sedikit membantu bagi yang ingin mengenal lebih jauh mengenai adanya teh tersebut.

Teh Putih Untuk Kesehatan
Manfaat teh putih untuk kesehatan dan juga sejarah dari teh tersebut benar-benar membuat penasaran banyak orang. Sebagai salah satu jenis teh yang amat langka dan memiliki harga mahal, dulunya teh tersebut dikonsumsi pertama kali hanya terbatas oleh Kaisar China beserta anggota dari kalangan istana. Awalnya teh tersebut populer pada jaman Dinasti Tang pada sekitar tahun 618 hingga 907. Teh tersebut hanya dibuat dari supreme grade atau tunas terbaik dan juga daun teh termuda dari varietas Camellia Sinensis yang dipetik dengan sangat hati-hati di daerah pegunungan Fujian di China.

Berbicara mengenai Manfaat teh putih untuk kesehatan, maka ada banyak sekali yang bisa diperoleh bagi tubuh kita, terutama dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat lainnya adalah untuk mencegah penyakit jantung serta penyakit kardiovaskular. Dengan konsumsi teh putih, maka dipercaya dapat terhindar dari penyempitan dan juga pengerasan darah, mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner serta tekanan darah tinggi. Teh tersebut juga terbukti mampu mencegah seseorang dari tersumbatnya pembuluh darah dan juga menyehatkan jantung.

Manfaat teh putih untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menyegarkan nafas mulut. Dengan mengkonsumsi teh putih secara teratur, menjadikan mulut terasa lebih segar dan juga akan membunuh kuman yang menjadi penyebab bau mulut tak sedap yang selanjutnya akan mengurangi resiko gigi berlubang. Kandungan folifenol yang ada pada teh putih memiliki khasiat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan juga sebagai anti radiasi karena polifenol dalam teh putih adalah filter alami terhadap radiasi sinar ultra violet.

Ada beberapa orang yang mengenal teh putih bisa bermanfaat untuk mencegah kepikunan dan kerusakan pada otak. Meskipun belum ada penjelasan secara terperinci, namun banyak pembuktian yang memberikan alasan kenapa teh putih memiliki khasiat positif untuk mengurangi masalah kepikunan.
Kandungan anti oksidannya yang 100 kali lebih efektif dari vitamin C dan 25 kali lebih efektif dari vitamin E, sehingga sangat baik untuk mencegah penuaan dini serta efektif menghindarkan seseorang dari penyakit mematikan seperti kanker yang bisa muncul kapan saja tanpa peringatan. Menurut riset terkini teh putih mengandung senyawa L-theanine yang merupakan  asam amino yang juga memiliki khasiat mengurangi stres dan mampu memberikan peningkatan stamina pada tubuh.

Pasti masih banyak lagi manfaat teh putih untuk kesehatan yang bisa depetik dari hobi minum teh putih yang dulunya amat dikenal dan dinikmati oleh para kalangan bangsawan kerajaan dari seluruh penjuru dunia. Teh tersebut sekarang diburu karena memiliki tingkat terbaik dalam hal prestis.