Manfaat Minum Teh bagi Kesehatan

Masyarakat Indonesia pastinya sudah mengenal apa itu minuman ringan seperti teh. Saat ini sudah bisa kita jumpai di pasaran banyak sekali jenis teh yang dapat diseduh untuk menjadi teman bersantai atau menikmati makanan ringan. Manfaat minum teh untuk kesehatan juga amat beragam meskipun tidak semua orang mengetahuinya. Orang kebanyakan pada umumnya mengenal teh hanya dijadikan sebagai minuman penghangat untuk teman bersantai di sore hari. Namun dari segi kesehatan, teh ternyata memiliki banyak manfaat dan seringkali dilupakan oleh seseorang. Lalu apa saja manfaat dari teh untuk tubuh atau kesehatan?
Image and video hosting by TinyPic
1. Sebagai Antioksidan
Manfaat minum teh untuk kesehatan yang sering dibicarakan adalah mengenai fungsinya sebagai antioksidan. Memang banyak sumber antioksidan yang bisa didapatkan dari bahan-bahan lain, namun teh adalah salah satu yang memiliki kandungan antioksidan yang paling banyak. Zat polyphenol yang terkandung dalam teh yang mana berfungsi sebagai antioksidan. Dengan asupan antioksidan tersebut, maka tubuh bisa lebih mampu terhindar dari resiko kanker ovarium, kulit, dan juga lambung. Antioksidan adalah sesuatu yang penting untuk tubuh, merupakan kelompok vitamin, mineral, dan enzim yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Dengan hanya mengkonsumsi satu cangkir teh sehari, tubuh sudah bisa memiliki kekebalan yang dibutuhkan. 

2. Mengontrol berat badan (Diet)
Selain antioksidan, manfaat minum teh terutama teh hijau, berguna untuk mengontrol berat badan. Bagi beberapa orang, mungkin hal tersebut terdengar sukar dipercaya. Namun pada kenyataannya, teh mampu menurunkan penyerapan lemah didalam tubuh. Teh hijau mengandung antioksidan alami, yang dikenal dengan polifenol katekin yang berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh manusia, sehingga mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori, yang pada akhirnya membantu mendapatkan berat badan yang lebih ideal. Dengan demikian, maka sistem pencernaan dapat lebih bekerja dengan baik dan tingkat kolesterol dalam tubuh bisa lebih terjaga. Yang sering salah kaprah adalah pencampuran teh dengan susu yang berujung pada gagalnya proses penurunan berat
badan dan juga khasiat dari teh menjadi hilang.

3. Menjaga kesehatan mulut dan gigi.
Teh adalah jenis minuman yang mana tidak akan merusak dan mengotori gigi. Jika dibandingkan dengan kopi yang sering menimbulkan masalah pada gigi, maka teh bisa dijadikan sesuatu yang amat menyehatkan. Karena larutan teh dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit gigi
Kandungan flouride yang ada dalam teh juga berkhasiat memperkuat email pada gigi, Susu merupakan campuran yang tidak dianjurkan pada seduhan teh karena dapat menghilangkan kandungan flouride pada teh tersebut. Gigi yang lebih kuat bisa diperoleh dengan konsumsi teh secara teratur setiap harinya. Teh adalah saingan dari kopi jika dibandingkan dari segi popularitas minuman ringan.

4. Meningkatkan sistem imun pada tubuh.
Dengan mengkonsumsi teh, maka penikmat bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka.
Kandungan anti oksidan polifenol dan flavonoid akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga akan membuat kita lebih sehat dengan membantu mencegah dan melawan infeksi. Peningkatan kekebalan tubuh berarti seseorang akan terhindar dari penyakit demam yang sering muncul ketika kondisi badan sedang drop. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajib karena menjadi dasar dalam menjaga kesehatan untuk menjaga rutinitas keseharian seseorang. Kualitas dari kesehatan dan sistem imun seseorang memang dapat dipengaruhi dari kegiatan mereka sehari-hari terutama dalam konsumsi yang mereka dapatkan dari kegiatan minum teh maupun kegiatan-kegiatan yang lain.

5. mempengaruhi kesehatan tulang dan juga beberapa manfaat-manfaat lain.
Tulang adalah bagian tubuh yang paling penting untuk menunjang kualitas dari aktifitas keseharian. Selain susu, sumber nutrisi yang bagus untuk kesehatan dari tulang adalah teh. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minum teh setiap hari mampu memperkuat tulang bagi mereka yang mengkonsumsinya. Hampir semua jenis teh terutama oolong dan teh hitam mampu meningkatkan kepadatan tulang. Kandungan fluoride yang ada dalam teh juga akan membantu menjaga tulang yang kuat dan memperlambat kerusakannya, sehingga mengurangi kemungkinan terkena masalah seperti osteoporosis. Selain itu, tentu saja minum teh memiliki beragam manfaat yang tak dapat dilupakan untuk tubuh dan saat ini sudah diminati beragam jenis teh dengan segala manfaatnya yang ada.

Selain dari manfaat-manfaat diatas, orang juga sering memahami bahwa manfaat minum teh untuk kesehatan mampu memberikan peningkatan dalam hal stamina. Meskipun ada kontroversi mengenai kelebihan yang satu ini, walaupun sudah banyak orang yang membuktikan segala manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi teh untuk dijadikan sebagai kegiatan hobi yang menyehatkan, terutama jika dilakukan pada sore hari atau pada kegiatan-kegiatan yang lain. Saat ini hampir semua masyarakat modern mengenal fungsi dan manfaat dari minum teh tersebut.