Bagaimana Cara Memulai Usaha Rumah Makan

Banyak orang bermimpi untuk membuka restoran sendiri, karena bisnis kuliner ini memang menjanjikan keuntungan yang cukup menggiurkan. Sama dengan jenis usaha yang lain, bisnis rumah makan memiliki resiko kegagalan dan kesuksesan yang sama besarnya. Untuk meminimalkan resiko kegagalan maka perencanaan yang matang mutlak diperlukan. Berikut ini panduan tahap demi tahap untuk memulai bisnis rumah makan / restoran.

Tentukan konsep restoran
Langkah pertama untuk membuka restoran baru adalah menentukan jenis restoran yang akan Anda buka. Apakah Anda berencana membuka restoran makan malam berkelas atau restoran dengan menu biasa? Apakah Anda berencana menyajikan suatu menu spesifik, seperti menu Italia, Prancis, atau India? Atau mungkin Anda ingin berfokus pada satu bidang saja, misalnya microbrewery atau pub? Sebelum Anda melangkah ke langkah kedua, terlebih dulu tentukanlah jenis restoran yang akan Anda buka.

Pilih lokasi restoran
Lokasi, lokasi, dan lokasi. Lokasi dapat membuat sebuah restoran sukses atau gagal. Sebelum Anda menjalankan usaha dan menandatangani perjanjian sewa lokasi, kerjakanlah PR Anda terlebih dulu. Apakah lokasi restoran tersebut berada di daerah yang sibuk dan banyak dilalui pejalan kaki? Jika tidak, apakah ada lokasi parkir yang memadai? Apakah sudah ada puluhan restoran yang datang dan pergi di tempat yang sama? (Jika hal ini terjadi, berarti itu adalah tanda bahaya).

Tentukan nama restoran
Mungkin ini adalah tahap paling menyenangkan saat membuka sebuah restoran. Pilih nama restoran yang ada artinya, bisa saja merupakan cerminan dari tema atau lokasi. Misalnya, sebuah restoran Italia dinamai Giovanni’s, atau diambil dari nama pemilik, seperti Paula Deen’s Savannah Restaurant, The Lady & Son’s.

Buat rencana bisnis
Ada dua alasan penting kenapa Anda membutuhkan sebuah rencana bisnis. Pertama, rencana bisnis membantu Anda mengidentifikasi masalah besar dalam rencana usaha restoran tersebut, misalnya basis populasi yang tidak cukup atau lokasi yang buruk. Kedua, tidak ada bank yang akan membantu pendanaan jika Anda tidak memiliki rencana bisnis.

Rancang restoran Anda
Sebuah ruangan yang besar dan kosong tiba-tiba akan terasa penuh saat Anda mulai membuat dapur, memasukkan kulkas, bar, ruang istirahat, atau ruang tunggu. Rancangan sebuah restoran harus seimbang dari segi estetika dan kapasitas tempat duduk. Namun, utamakanlah kepraktisan selalu.

Tulis menu restoran
Sebuah menu restoran harus mudah dibaca dan memiliki susunan yang teratur. Beberapa hal yang harus dihindari dalam menu restoran adalah clipart atau embel-embel yang terlalu banyak tapi tidak penting.

Pilih dan beli perlengkapan restoran dengan bijak
Jika Anda telah memilih desain restoran, Anda bisa memulai membeli peralatan dapur komersial dan furnitur untuk ruang makan dan daerah lain di depan rumah. Agar lebih hemat, Anda bisa membeli peralatan bekas serta menyewa benda-benda tertentu. Peralatan komersial dengan logo “Hemat Energi” awalnya mungkin lebih mahal, tapi akan lebih hemat setelah digunakan satu tahun.

Seleksi staf restoran
Mendekati hari pembukaan restoran, Anda harus mulai menyeleksi karyawan untuk dapur dan lantai. Staf dapur, pelayan, dan bartender, semuanya merupakan bagian penting dari sebuah restoran, dan Anda harus memilih orang yang sesuai untuk setiap posisi.

Buatlah pengumuman tentang restoran baru tersebut
Untuk restoran baru, iklan adalah suatu keharusan. Ganti media iklan tradisional, seperti koran dan iklan radio, dengan media yang baru. Jangan mengabaikan pentingnya sebuah website yang baik untuk restoran. Gunakan situs-situs media sosial, seperti Twitter, Facebook, Blackberry Messenger dan Whatsapp untuk menyebarkan informasi tentang rencana pembukaan rumah makan Anda.